Kemeriahan di Hari Ulang Tahun Negara Republik Indonesia ke- 74 Tahun

 

Minggu, 28 Juli 2019

Tepat pada tanggal 17 Agustus 2019, seluruh masyarakat Indonesia merayakan Hari Ulang Tahun Ke-74 Republik Indonesia. Sebagai bentuk perwujudan cinta tanah air, kelurahan Bontang Lestari melaksanakan berbagai kegiatan, seperti pertandingan sepak bola, bola voli, bola takraw serta lomba karaoke.

Pembukaan kegiatan perayaan HUT Ke-74 RI ini dilaksanakan pada tanggal 28 juli 2019. Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Agus Yani yang merupakan pihak dari Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bontang. Setelah acara pembukaan, dilanjutkan dengan pelaksanaan pertandingan bola voli dan sepak bola.

Pertandingan sepak bola diikuti oleh 8 tim, yaitu klub GALATUA, PUMA A, PUMA B, PERSELOK, BONGKAR, PORBLES A, PORBLES B, dan STARLET. Pertandingan final sepak bola dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2019. Pada pertandingan ini dimenangkan oleh tim PORBLES A, dan disusul oleh PUMA B sebagai runner up klub, kemudian PUMA A yang menduduki juara 3.

Pertandingan bola voli diikuti oleh 11 tim, 6 tim putra yang terdiri dari PJP, PUMA, TIHI-TIHI, BOMBASTIC, MERPATI PUTIH DAN GRANAD, dan 5 tim putri yang terdiri dari TIHI-TIHI, GALATUA, IJP, MERPATI PUTIH dan GARUDA. Pertandingan final bola voli putra dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2019 yang dimenangkan oleh tim BOMBASTIK, sedangkan pertandingan final voli putri dilaksanakan pada tanggal 12 Agustus 2019 yang dimenangkan oleh tim PUMA.

Pertandingan takraw diikuti oleh 9 tim, yang terdiri dari PUMA A, PUMA B, PUMA C, PUMA D,  SELANGAN, PUPUDADE, PAGUNG A, PAGUNG B dan PERUMAHAN NELAYAN. Pertandingan final bola takraw dilaksanakan pada tanggal 12 Agustus 2019 yang dimenangkan oleh regu Perumahan Nelayan dan disusul oleh PUMA D sebagai runner up kemudian PUMA C yang menduduki juara 3.

Lomba Karaoke dilaksanakan pada tanggal 13 – 16 Agustus 2019, dan ikut oleh beberapa peserta mulai dari orang tua, remaja, hingga anak kecil. Perlombaan diadakan pada malam hari dari jam 8 sampai selesai. Terdapat 5 pemenang dalam perlombaan karaoke yaitu juara satu dimenangkan oleh bapak Sarmin, juara dimenangkan oleh ibu Lisa, juara tiga dimenangkan oleh bapak Hasri, juara empat dimenangkan oleh ibu Yeni, dan juara Lima dimenangkan oleh Ibu Fadlun.

Penutupan perlombaan dan pembagian hadiah untuk para pemenang lomba diadakan pada tanggal 16 Agustus 2019 pada malam hari di gedung BPU Kelurahan Bontang Lestari.

 

Pada tanggal 17 Agustus 2019 diadakan upacara bendera dalam rangka HUT RI ke- 74. Upacara diadakan di Stadion Taman Prestasi. Upacara dipimpin langsung Wali Kota Bontang dr. Hj. Neni Moerniaeni, Sp.Og, dan upacara diikuti ratusan peserta dari perwakilan OPD di lingkungan Pemkot Bontang, TNI, Polri, perwakilan perusahaan, perwakilan Ormas, dan puluhan pelajar. Selesai upacara peserta dan para tamu undangan dihibur dengan drama kolosal kebangsaan persembahan dari Kodim 0908 Bontang berjudul Inspirasi Perjuangan Panglima Besar Jenderal Sudirman.

Seluruh serangkaian dari HUT RI ke- 74 mulai dari perlombaan hingga upacara yang diadakan oleh pemerintah bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan penghormatan kepada para pahlawan agar masyarakat selalu ingat dengan perjuangan para pahlawan yang telah berjuang demi negara indonesia agar dapat merdeka hingga saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *